Podcast - Tanya Jawab Seputar Vaksin Sinovac - dr. Raehanul Bahraen, Sp.PK

Apa itu Vaksinasi?

Vaksinasi adalah pemberian vaksin dalam rangka memberikan atau meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh seseorang secara aktif pada suatu penyakit, sehingga jika suatu saat terpapar oleh penyakit tersebut tidak akan sakit parah atau hanya mengalami gejala ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

vaksin sinovac

Lalu apa itu vaksin?

Vaksin merupakan sebuah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagian ataupun zat yang dihasilkannya yang sudah diolah sedemikian rupa agar aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin bukanlah sebuah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Contohnya saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19, maka dengan memberikan vaksin COVID-19 masyarakat akan lebih kebal terhadap virus COVID-19.

Beberapa jenis vaksin COVID-19 sudah tersedia di Indonesia, seperti:

  • Sinovac
  • AstraZeneca
  • Sinopharm
  • Moderna
  • Dan Pfizer

Footnote:[https://covid19.go.id/tanya-jawab]

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas nih jenis vaksin Sinovac yang akan disampaikan oleh dr.Raehanul Bahraen melalui podcastnya, yuk dengarkan, biar menambah wawasan kita semua.

Part - 1

Part - 2

Part - 3