Pengembangan Diri - 5 Langkah Mengembangkan Growth Mindset

Dalam menjalani kehidupan manusia perlu terus bergerak untuk bisa tumbuh dan cemerlang, salah satu caranya adalah dengan mengembangkan growth mindset. Apakah kamu tertarik mencoba?


growth mindset


Sesuai dengan namanya, orang yang memiliki growth mindset akan selalu mempelajari hal baru agar kemampuan yang dimiliki meningkat.

Berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengembangkan growth mindset.

1. Fokus Terhadap Proses

Mengutip dari situs Indeed, jika salah satu cara agar growth mindset berkembang adalah dengan fokus terhadap proses yang dilalui.

Masih banyak orang yang terpaku terhadap hasil akhir yaitu kesuksesan tanpa berpikir proses yang harus dilalui.

Mereka hanya mencari cara tercepat untuk bisa mendapatkan apa yang dinamakan dengan kesuksesan, padahal untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar tentunya.

Seseorang dengan growth mindset akan lebih fokus terhadap proses dan pengembangan diri untuk mencapai tujuan kesuksesannya. Mereka beranggapan jika dari proses akan melahirkan banyak pelajaran yang diambil.

Walaupun harus gagal, mereka akan tetap menikmatinya karena tahu jika hal itu merupakan bagian dari proses menuju puncak karier yang diinginkan.

2. Berani dengan Tantangan

Pemilik growth mindset akan selalu beranggapan jika tantangan bukan sebuah hambatan yang akan menjauhkan dari tujuan keberhasilannya.

Bahkan, mereka akan melihat jika tantangan adalah sebuah kesempatan baru untuk terus berkembang.

Menurut situs Psychology Today, setiap tantangan akan membawa ke sebuah petualangan baru sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan.

Itulah mengapa ketika sudah paham jika tantangan ialah hal yang harus dihadapi dan bukan untuk ditakuti, maka kamu sudah tahu cara untuk mengembangkan growth mindset dalam diri.

3. Paham Jika Kegagalan Bukanlah Akhir dari Segalanya

Menghadapi kegagalan memang bukan hal yang mudah. Baik kegagalan dalam karir ataupun kehidupan pribadi pasti akan sangat membuat kecewa dan sedih.

Namun, jika kamu ingin tahu cara mudah agar growth mindset berkembang adalah dengan memulai mengubah pola pikir mengenai kegagalan.

Sampai saat ini masih banyak orang yang berpikir jika kegagalan merupakan akhir segalanya. Saat sudah gagal maka dianggap tidak akan ada kesempatan untuk kita bisa berhasil dan sukses.

Padahal, suatu kegagalan adalah kesempatan untuk mencari tahu apa sebenarnya sumber kesalahan yang sudah diperbuat.

Ingatlah bahwa belajar dari kesalahan kemudian bangkit lagi merupakan ciri khas dari seseorang dengan growth mindset.

4. Tidak Takut Mendapat Kritik

Menerima kritik memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun kritik tersebut bersifat membangun.

Jika masih sering terbawa perasaan ketika mendapat kritikan, maka belum bisa dikatakan jika kamu sudah mempunyai growth mindset.

Mengembangkan growth mindset bisa dilakukan dengan cara mulai membiasakan diri untuk bisa menerika kritikan dari orang lain, kritikan yang membangun tentunya.

Dilansir dari InformED, kritik harus digambarkan sebagai suatu hal yang positif. Pasalnya, ketika mendapatkan kritikan kita mampu mengevaluasi diri agar semakin menjadi lebih baik.

5. Mampu Memahami Diri Sendiri

Cara mengembangkan growth mindset memang terdengar mudah, namun sebenarnya hal yang satu inilah yang tersulit.

Memahami diri sendiri bukan berarti kamu mengetahui apa makanan atau hobi kesukaanmu, melainkan mampu memahami sampai dimana kemampuan yang kamu miliki.

Seperti yang dikutip pada situs Inc, jika memahami diri sendiri berarti menyadari seperti apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Semua orang akan sangat mudah menyebutkan kemapuan yang dimiliki namun akan sangat sulit ketika harus menyebutkan kelemahannya.

Jika kamu memahami diri sendiri tentu akan tahu dimana batas kemampuan yang kamu punya. Jika sudah begitu, tentu kamu paham bagaimana cara untuk menentukan strategi yang tepat agar kesuksesan tercapai.

Maka selalu coba untuk bsia memahami diri sendiri sehingga kamu bisa tahu apa yang terbaik untukmu.

Untuk itu terdapat beberapa video pengembangan diri yang bisa kamu tonton agar kamu semakin realistis dan mengembangkan growth mindset yang kamu miliki.


growth mindset


Silahkan ikuti video ini.


Kuliah Pagi Episode 1 - Grow Up!



Kuliah Pagi Episode 2 - Kecanduan, Apakah Kamu Mengakuinya?




Kuliah Pagi Episode 3 - Realita Tentang Jodoh




Kuliah Pagi Episode 4 - Kesepian Itu Berbahaya




Kuliah Pagi Episode 5 - Pengorbanan!




Kuliah Pagi Episode 6 - Self-Control




Kuliah Pagi Episode 7 - Nggak Enakan Pangkal Miskin!




Kuliah Pagi Episode 8 - Kerja Keras Bagai Kuda




Itulah berbagai cara untuk kamu agar memiliki growth mindset, semoga bermanfaat.