Pengembangan Diri - 5 Tips Ampuh Menjadi High Value Male/Female

Hi, bagaimana kabarmu? Semoga sehat selalu. Setelah kemarin dibahas mengenai growth mindset, kali ini akan ada tips mengembangkan diri yaitu menjadi high value male atau female.




High value male/female sendiri adalah konsep menjadi seseorang yang dapat memaksimalkan potensi yang ada, serta memaksimalkan value yang kamu miliki. Dan konsep ini sudah lama di terapkan di negara-negara maju.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah Alpha Male/Female, istilah ini merujuk kepada pria atau wanita dewasa yang mempunyai nilai dan kehidupan yang produktif dengan segala prestasi yang membanggakan.

Tentunya dibutuhkan proses yang panjang untuk menjadi seorang alpha male ataupun female, namun yang harus diketahui saat ini adalah bagaimana cara untuk memulainya.

Untuk itu kamu harus tahu bagaimana menjadi high value male/female, yuk simak.


Langkah Menjadi High Value Male / Female



Kamu harus tahu nih untuk menjadi high value male atau female ada tahapannya, apa sajakah itu? Yuk ketahui.

1. Keluar dari Zona Nyaman

Agar meraih kesuksesan yang besar, kamu harus melakukan pengorbanan, keluar dari zona nyaman adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan.

Jika setiap pagi kamu masih tertidur nyenyak dan malam hari dihabiskan hanya untuk menonton film atau bermain game, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Ambil tantangan yang membuat dirimu menjadi lebih terpacu untuk meraih tujuan dan mendapatkan kesuksesan, seperti menjalankan bisnis, mungkin awalnya akan timbul rasa takut akan kegagalan, namun jika tidak dicoba bagaimana kamu bisa tahu kamu berhasil atau tidak?

Keluar dari zona nyaman juga berarti kamu mulai mengambil keputusan besar dalam kehidupanmu. Jadi jika kamu merasa pencapaian hidupmu masih kurang atau belum dapat merealisasikan apa yang diinginkan, kamu harus keluar dari zona nyaman.

Jangan sia-siakan masa mudamu, cobalah memulai hal baru yang ingin kamu lakukan, kelak kamu akan menjadi tua, kamu akan terhindar dari penyesalan karena tidak pernah mencoba hal yang ingin diimpikan.

2. Investasi pada Diri Sendiri

Investasi bukan hanya terkait mengenai harta ataupun aset saja, namun investasi juga bisa berupa pengembangan diri yang dibekali dengan pengetahuan dan wawasan.

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak pelit ke diri sendiri. Salah satunya ialah membeli buku yang memperdalam wawasanmu terhadap suatu bidang tertentu. Kamu juga bisa mengikuti webinar atau pelatihan online untuk meningkatkan skill dalam suatu bidang.

Kesehatan merupakan bentuk investasi yang harus diperhatikan. Jangan lupa untuk menjaga asupan gizi yang baik untuk tubuh.

Produktivitas kamu ditentukan dari kesehatanmu, karena jika kamu sakit kamu akan menghabiskan waktu hanya untuk pemulihan tubuh. Jadi selalu jaga kesehatan fisik atau mental mu karena ini merupakan salah satu investasi terhadap diri sendiri. 

3. Mulai Menentukan Goals dan Prioritas

High Value Male atau Female tahu mana prioritas dan yang bukan prioritas. Mungkin kita disini sudah tahu mana yang penting dan mana yang kurang penting dalam menjalani sebuah persoalan didalam hidup ini. Namun kendalanya disini ialah kedisplinan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus memiliki mindset untuk mendisplinkan diri dalam menentukan sebuah prioritas hidup yang kamu pilih.

Tanamkan pikiran jika kamu harus sukses, kamu harus memiliki goals, kamu harus meninggalkan kesenangan sementara seperti menghabiskan waktu hanya untuk menamatkan series terbaru, bermain video game, atau sekedar hura-hura saja.

Menjalankan prioritas hidup bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang dan menjadi workaholic yaa...

Tetapi lebih bisa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Selama melakukan hal yang menyenangkan tersebut tidak mengganggu goals yang sudah ditetapkan kamu masih aman untuk melakukan hal yang kamu sukai tersebut.

4. Menjaga Attitude

Attitude adalah penentu kesuksesan seseorang baik dalam karir, bisnis, ataupun kehidupan sosial. High Value Male/Female adalah orang yang disenangi dan disegani di lingkungannya. bagaimana bisa disegani dan disenangi jika attitude yang dimiliki buruk?

Untuk menjaga dan memperbaiki attitude, kamu harus belajar etika dan sopan santun yang berlaku di masyarakat.

Selain itu perhatikan juga rasa empati yang ada dalam dirimu, salah bicara, salah bersikap cenderung berakar dari rendahnya empati seseorang.

Jika kamu memiliki empati maka kamu dapat mengontrol ucapan dan perilaku dalam menyikapi dan memberi respon terhadap berbagai hal.

5. Jaga Penampilan

First Impression adalah hal yang penting ketika kamu bertemu dengan orang baru. High Value Male/Female sangat memperhatikan penampilan mereka dimanapun mereka berada.

Walaupun terdapat kutipan "Don''t Judge The Book by The Cover" namun hal ini tidak semuanya benar. Menjaga penampilan berarti juga menghargai diri sendiri, menjaga penampilan menunjukkan jika kamu mencintai dan memperhatikan diri dengan baik.

Jika kamu sendiri tidak mencintai dan memperhatikan dirimu sendiri bagaimana kamu dapat membuat orang menghargaimu?

Intinya kebersihan dan penampilan diri itu merupakan hal yang penting. Jika kamu ingin menjadi alpha male atau female sesungguhnya, maka kamu wajib merawat penampilan sebaik mungkin. Pelajari cara menjaga style agar tampil lebih keren.


Untuk lebih mematangkan kamu dalam menjadi High Value Male/Women berikut ini adalah HVM Series yang bisa kamu tonton.



HVM/F Series






































Itulah berbagai tips untuk menjadi High Value Male or Women, Semoga Bermanfaat.